Re: Fuzzy Logic Control (Seminar & Workshop)

Resmana (resmana@petra.ac.id)
Fri, 18 Dec 1998 21:45:16 +0100 (MET)

Pak Isoetandar,

Perkembangan fuzzy logic di Indonesia saat ini sedang marak, terutama di
universitas yang memiliki jurusan teknik elektro, mesin, bahkan sudah
pada penerapan dibidang pertanian (IPB).

Kami baru presentasi paper ttg. PetraFuz di Seminar Nasional "PEnerapan
Teknik Kendali dan Instrumentasi dalam Pertanian" di BPPT, Jkt. Disana
banyak riset-riset penggunaan Fuzzy Logic dibidang pertanian. Memang
kendala saat ini adalah masalah implementasi.

Untuk penerapan di Industri, rasanya masih belum banyak, dikarenakan
teknologi ini belum memasyarakat di Industri. Oleh karena itu Petra ingin
ikut memperkenalkan khususnya untuk Industri.

Riset Fuzzy Logic di Petra, sudah dimulai sekitar 2 tahun lalu. Pada
tahap awal kita implementasi pada PC dengan dilengkapi Interface Card
utk. pengendalian putaran Motor DC, temperatur dan lain-lain.

Tahap berikutnya masuk ke implementasi pada mikrokontroler (8051, 8088).
KHusus utk. ini kami mengembangkan Development System yang kami beri nama
PetraFuz. Dengan tools ini diharapkan memudahkan user (terutama pemula)
untuk imnplementasi fuzzy logic. Info lebih lanjut ada pada

http://ee.petra.ac.id/basiclab/petrafuz.htm

Selain itu kami juga bermain dengan Fuzzy Unit utk. PLC, kami gunakan
fuzzy Unit FZ001 dari Omron, utk. PLC seri C200 dan C28. Kami terapkan
pada kendali temperatur dan putaran motor DC.

Juga kami kembangakan FLC menggunakan fuzzy processor seri NLX, sayang
seri ini sudah discontinue.

Demikian informasi dari kami, semoga memberi gambaran tentang
perkembangan fuzzy logic di tanah air.
informasi seminar/worshop ada pada:
http://www.petra.ac.id/english/special/lomba.htm

salam,